Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Membuat Kartu Ucapan dengan Ms. Publisher

Dewasa ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, khususnya  dalam hal berkomunikasi. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti  pesan singkat (SMS) dan pesan instant dengan menggunakan jaringan internet pada  telepon seluler, surat  atau dapat juga menggunakan kartu ucapan. Kartu ucapan secara konvensional berupa selembar kartu dalam berbagai macam ukuran. Kartu ucapan dibuat dari kertas tebal atau karton dan memiliki gambar sesuai tema. Kartu biasanya dilipat dua dengan bagian dalam berisi ucapan selamat, ungkapan kasih sayang atau pesan yang ditujukan kepada penerima pesan.

                Kartu ucapan biasanya dikirim atau diberikan pada kesempatan khusus, misalnya hari ulang tahun, Hari Raya Idul Fitri, pernikahan , Natal, dan sebagainya. Kartu ucapan juga sering digunakan untuk menulis pesan bernada humor, persahabatan, cinta, dan sebagainya. Agar lebih menarik, kartu ucapan bisa juga dibuat dengan hasil karya kita sendiri, tanpa harus membelinya di toko atau pusat perbelanjaan lainnya.  Contohnya dengan menggunakan bantuan komputer, yaitu menggunakan program  Microsoft Publisher. Dengan aplikasi ini, telah disediakan berbagai format desain kartu ucapan yang banyak dan menarik. Kita dapat berkreasi dengan keinginan kita sendiri. Salah satu contohnya, kegiatan yang dilakukan oleh para siswa Homeschooling Alam Depok, yaitu membuat kartu ucapan Idul Fitri dengan Ms. Publisher.

                Para siswa berlatih membuat kartu ucapan dengan ide dan kreativitas mereka masing-masing. Mereka dipandu secara perlahan mulai dari mengoperasikan laptop sampai kepada mendesain cover kartu ucapan, pesan kartu, penutup kartu ucapan sampai mencetak kartu ucapan. Para siswa sangat antusias saat menyisipkan gambar kesukaan mereka  pada kartu ucapan. Kegiatan ini bertujuan agar siswa belajar mandiri, kreatif, dan bisa menuangkan ide mereka sesuai kemampuannya masing-masing. Selain itu,  dapat melatih psikomotorik mereka dalam penguasaan teknologi. 

Komentar via Facebook

Kembali ke atas