CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Siswa Homeschooling Alam Bisa Ikut UN di Sekolah Negeri di Kota Depok

 

Memilih pendidikan yang tepat untuk anak adalah tantangan besar untuk setiap orangtua. Setiap orangtua memiliki visi dan mimpi tentang pendidikan yang ideal untuk anak-anaknya. Di saat visi dan mimpi bertolak belakang dalam kehidupan nyata, maka bermunculan pilihan-pilihan pendidikan bagi anak. Salah satunya adalah pilihan homeschooling (Sekolah rumah) dalam penyelenggaraan pendidikan.

Penyelenggaraan pendidikan melalui homeschooling (Sekolah rumah) telah diakui oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI nomor 129 tahun 2014 tentang Sekolah rumah. Dalam peraturan tersebut ditegaskan hasil pendidikan Homeschooling (Sekolah rumah) diakui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan. Namun Homeschooling yang menyelenggarakan pendidikan juga diharuskan terdaftar di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Menindaklanjuti Permendikbud tersebut, Homeschooling Alam Depok telah mengurus perizinan komunitas homeschooling. Izin penyelenggaraan Homeschooling Alam Depok tercantum dalam Surat Izin nomor: 421.9/26-PNFI/Disdik/2015 tertanggal 7 Agustus 2015. Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan juga ikut menindak lanjuti Permendikbud tentang Sekolah rumah tersebut. Salah satunya, menggelar kerja sama dengan Asosiasi Sekolah rumah dan Pendidikan Alternatif (ASAHPENA) Kota Depok yang dipimpin Ni Made Desi Handayani SPd.I. Kerja sama tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa Dinas Pendidikan Kota Depok menunjuk sekolah-sekolah di tingkat SD, SMP dan SMA sebagai payung dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2015/2016 bagi penyelenggara pendidikan Sekolah rumah (Homeschooling) .

Kerjasama Diknas-ASAHPENA ini menjadikan Homeschooling Alam ikut serta melibatkan siswanya di tingkat SD, SMP dan SMA untuk mengikuti UN. Di tahun ajaran 2015/2016 ini, Homeschoooling Alam mengikut sertakan 5 siswa SD, 1 siswa SMP dan 3 siswa SMA akan mengikuti UN. Untuk siswa kelas VI SD, Dinas Pendidikan Kota Depok menunjuk SDN Cilangkap 5, Kecamatan Tapos sebagai payung bagi siswa Homeschooling Alam untuk mengikuti UN. Sedangkan siswa kelas IX SMP ditunjuk SMPN 19 Depok dan siswa kelas XII SMA ditunjuk SMAN 8 Depok.

Agar dapat mengikuti dan terdaftar sebagai pesarta UN, siswa Homeschooling harus melampirkan sejumlah berkas dokumen. Diantaranya, fotocopy kartu keluarga (KK), akte kelahiran siswa, ijazah terkhir dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional/Sekolah (SKHUN/S) bagi siswa SMP dan SMA, fotocopy raport, pas foto dan kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta berkas lainnya. Apabila siswa yang belum memiliki NISN, pihak sekolah yang ditunjuk akan membuatkan NISN bagi siswa calon peserta UN.

Meski telah ditunjuk sekolah yang mewadahi pelaksanaan UN bagi siswa Homeschooling, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan di komunitas homeschooling. Namun siswa Homeschooling tetap mengikuti kegiatan dan program yang telah disepakati oleh Dinas Pendidikan dan komunitas. Seperti pelaksanaan try out di sekolah yang ditunjuk, belajar bersama dan lainnya.

Yang terpenting lagi adalah, Permendikbud tersebut menegaskan bahwa peserta didik Homeschooling (Sekolahrumah) dapat melanjutkan pendidikan dan diterima di SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Tentunya penerimaan tersebut setelah lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan formal.

(Hattadi Prima Putra, staf administrasi Homeschooling Alam)

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

227940

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung : 227940

Hits hari ini : 393
Total hits : 758665

Pengunjung Online : 4