CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Pembiasaan Kata Tolong, Maaf dan Terima Kasih

          Alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menghirup udara segar dan melihat pagi yang cerah. Seperti biasa, sebelum belajar kami menngawali dengan membaca doa bersama di kelas, melantunkan surat dan doa pendek serta dilanjutkan juga dengan membaca Iqro.

Khusus pada setiap hari Jumat, kami melaksanakan shalat dhuha bersama di lapangan dan mendengarkan kultum dari salah satu siswa Homeschooling Alam. Moment ini juga menjadi ajang silaturahmi para siswa bertatap muka dengan kakak dan adik kelasnya. Sehingga para siswa Homeschooling Alam tidak hanya akrab dengan teman sekelasnya tetapi juga dengan kakak dan adik kelasnya.

Setelah semua aktivitas keagamaan tersebut selesai, siswa kelas 1 SD melanjutkan dengan materi pelajaran Agama. Materi pelajarannya tentang membiasakan mengucapkan kata “tolong, maaf dan terima kasih”. Sebelum memulai pelajaran agama, kami melakukakn kegiatan ice breaking seperti tepuk tangan, games, dan bernyanyi. Saya dan rekan guru di kelas melakukan roleplay atau contoh kegiatan saat seseorang harus mengucapkan kata “maaf, tolong dan terima kasih”.

Untuk contoh kegiatan mengenai ucapan “terima kasih”, saya berbagi makanan dengan rekan guru di kelas, dan guru yang diberikan makanan itu mengucapkan terima kasih. Selanjutnya, untuk contoh kegiatan yang harus mengucapkan kata “tolong” dan “maaf”, saya meminta anak-anak yang memberikan contoh. Akhirnya Nayla memerankan adegan jatuh terpeleset kulit pisang, Nayla pun meminta tolong kepada Farrel karena merasakan sakit saat untuk mencoba berdiri. Farrel pun datang menolong Nayla yang jatuh, lalu Nayla mengucapkan terimakasih karena sudah ditolong Farrel.

          Contoh kegiatan yang ketiga yaitu Fadhil tidak sengaja menginjak Hanif. Lalu Fadhil meminta maaf kepada Hanif. Alhamdulillah dengan roleplay tersebut anak-anak bisa mengerti dan membiasakan mengucapkan kata “maaf, tolong dan terima kasih”. Karena ketiga kata ini sangat penting dibiasakan agar anak terbiasa menghargai orang lain.

 

(Dian Novianty, S.Pd.I/guru kelas 1 SD)

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

148334

Pengunjung hari ini : 122
Total pengunjung : 148334

Hits hari ini : 290
Total hits : 508991

Pengunjung Online : 3