CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Terbitan SK Penyelenggaraan Sekolahrumah (Homeschooling)

Perluas Akses Pendidikan, Dinas Pendidikan Kota Depok

Terbitkan SK Penyelenggaraan Sekolahrumah (Homeschooling)

Sekolahrumah (homeschooling) merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal dan informal yang diakui oleh perundang-undangan di Indonesia. Aturan mengenai sekolahrumah tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  (Permendikbud) Nomor 129 tahun 2014. Dalam peraturan tersebut, sekolahrumah terdiri atas beberapa bentuk yaitu Sekolahrumah Tunggal, Sekolahrumah Majemuk dan Sekolahrumah Komunitas.

Sekolahrumah Tunggal adalah layanan pendidikan yang berbasis keluarga yang dilaksanakan orangtua dalam satu keluarga untuk peserta didik dan tidak bergantung dengan dengan keluarga lain yang menerapkan sekolahrumah tunggal lainnya. Sekolahrumah Majemuk adalah layanan pendidikan berbasis lingkungan yang diselenggarakan oleh orangtua dari dua atau lebih keluarga lain dengan melakukan satu atau lebih kegiatan pembelajaran bersama dan kegiatan pembelajaran inti tetap dilaksanakan dalam keluarga.

Sedangkan Sekolahrumah Komunitas adalah kelompok belajar berbasis penggabungan sekolahrumah majemuk yang menyelenggarakan pembelajaran bersama berdasarkan silabus, fasilitas belajar, waktu pembelajaran, dan bahan ajar yang disusun bersama oleh Sekolahrumah majemuk bagi anak-anak sekolahrumah, termasuk menentukan beberapa kegiatan pembelajaran yang meliputi olahrga, musik/seni, bahasa dan lainnya.

Berdasarkan bentuk-bentuk sekolah rumah tersebut, Dinas Pendidikan Kota Depok menerbitkan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok nomor 421/6538-Disdik/2016 tentang Penyelenggaraan Sekolahrumah Dan Pelaksanaan Ujian Pada Sekolah Formal. SK tersebut bertujuan untuk memperluas akses pendidikan yang bermutu serta jaminan perlindungan hukum bagi keluarga dan lingkungan yang menyelenggarakan pendidikan non formal dan informal. Sehingga pelaku sekolahrumah maupun orangtua yang memilih pendidikan anaknya melalui sekolahrumah baik dalam bentuk tunggal, majemuk maupun komunitas dapat bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kota Depok dalam memajukan pendidikan di Kota Depok.

Penyelenggaraan Sekolahrumah juga sebagai upaya pemenuhan layanan pendidikan dasar dan menengah berdasar dari keluarga yang menentukan pendidikan anak. Dengan penyelenggaraan Sekolahrumah  peserta didik yang memerlukan pendidikan akademik dan kecakapan hidup secara fleksibel dapat terlayani sehingga dapat meningkatkan mutu kehidupan. Melalui Sekolahrumah pun pemenuhan layanan pendidikan secara sadar, teratur dan terarah dengan mengutamakan penumbuhan dan penerapan kemandirian dalam belajar. Pemenuhan layanan pendidikan tersebut dilakukan oleh keluarga dan lingkungan secara mandiri sehingga pembelajaran dapat dilakukan dimana saja, dengan siapa saja dalam suasana yang kondusif. Dengan demikian setiap potensi anak yang unik dapat berkembang secara maksimal.

Untuk itulah, Dinas Pendidikan Kota Depok dalam menerbitkan SK tersebut mengupayakan agar sekolahrumah memiliki izin penyelenggaraan. Adapun persyaratan izin penyelenggaraan sekolahrumah adalah :

  1. Penyelenggara Sekolahrumah tunggal dan majemuk wajib mendaftar ke Dinas Pendidikan Kota Depok
  2. Pendaftaran untuk Sekolahrumah Tunggal dilengkapi persyaratan sebagai berikut :
    1. Identitas diri orang tua dan peserta didik;
    2. Surat pernyataan dari kedua orang tua yang menyatakan bahwa orang tua bertanggungjawab untuk melaksanakan pendidikan di rumah;
    3. Surat pernyataan dari peserta didik yang telah berusia 13 tahun bersedia mengikuti pendidikan Sekolahrumah, dan
    4. Dokumen program Sekolahrumah yang sekurangn-kurangnya mencantumkan rencana pembelajaran
    5. Pendaftaran untuk Sekolahrumah Majemuk dilengkapi persyaratan sebagai berikut :
      1. Identitas diri orangtua dan peserta didik;
      2. Surat pernyataan dari paling sedikit 2 keluarga dan paling banyak 10 keluarga yang masing-masing keluarga menyatakan bahwa sebagai orang tua bertanggungjawab untuk melaksanakan Sekolahrumah majemuk secara sadar dan terencana;
      3. Surat pernyataan dari peserta didik yang telah berusia 13 tahun untuk bersedia mengikuti pendidikan di Sekolahrumah;
      4. Dokumen program Sekolahrumah yang sekurang-kurangnya mencantumkan rencana pembelajaran.
      5. Sekolahrumah Komunitas wajib memperoleh izin pendirian satuan pendidikan non formal sebagai kelompok belajar dari Dinas Pendidikan Kota Depok sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

 

Ada beberapa manfaat yang diperoleh bagi sekolahrumah yang sudah memiliki izin penyelenggaraan dari Dinas Pendidikan Kota Depok. Diantaranya, keberadaan sekolahrumah diakui oleh pemerintah dan memiliki legalitas dalam meningkatkan meneyelenggarakan pendidikan. Artinya, penyelenggara sekolahrumah memiliki legalitas dalam melaksanakan pendidikan sehingga pelaksanaannya tetap mengacu kepada perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, penyelenggara sekolahrumah dapat memilih pelaksanaan ujian nasional (UN) melalui jalur paket kesetaraan (UNPK) maupun UN Formal. Tentunya hal ini juga berkaitan dengan izin yang dimiliki oleh sekolahrumah. Sebagai peserta UN Formal, penyelenggara sekolahrumah harus benar-benar mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan.

Manfaat lainnya adalah penyelenggara sekolahrumah akan mendapatkan pembinaan dari pemerintah melalui Dinas Pendidikan. Pembinaan tersebut berupa peningkatan mutu pendidikan sehingga peserta didik sekolahrumah memiliki kemampuan yang setara dengan peserta didik yang menempuh pendidikan melalui jalur formal.

 

Hattadi Prima Putra

Staf Administrasi Homeschooling Alam Depok

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

298272

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung : 298272

Hits hari ini : 9
Total hits : 961270

Pengunjung Online : 4