CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Mereka Yang Memiliki Kebebasan Berekspresi ( Melalui Program Mandiri )

 

Asalamualaikum teman

 

KrinGGGGgss…..KringgGGss …KRiiinGGGGS….

Suara handphone yang membangunkanku disetiap pagi.

Perlahan aku beranjak pergi menuju sekolah.

Homeschooling Alam adalah salah satu sekolah dimana menerima juga bagi siswa-siswa yang berkebutuhan khusus. Homeschooling Alam juga memiliki program Mandiri dimana siswa tidak perlu datang kesekolah, untuk program mandiri ini siswa mendapatkan pembelajaran yang dikirimkan lewat Email, Sosial Media, dan lain sebagainya.

 

Kenapa seh perlu ada program mandiri ?

Program mandiri ini diperuntukan bagi siswa yang memiliki kesibukan di luar sekolah, program mandiri ini memberikan ruang untuk anak dalam mengembangkan bakat dan minatnya, agar mereka lebih fokus dan konsentrasi penuh pada kegiatan tersebut.

 

Kemandirian belajar adalah suatu aspek yang harus diperhatikan dari siswa di Era Modern saat ini. Kemandirian belajar dapat dalam bentuk pemanfaatan media seperti buku-buku atau melalui media informasi seperti internet, majalah, koran, televisi dan lainya. Hal ini berdasarkan pada sebuah asumsi bahwa belajar bukanlah hanya dari guru semata, tetapi masih banyak sumber-sumber lain yang dapat dimanfaatkan oleh siswa. Satu asumsi yang paling penting dalam belajar mandiri adalah keberhasilan belajar siswa sangat ditentukan oleh siswa itu sendiri.

 

Dalam kaitannya dengan belajar mandiri, ada yang beranggapan bahwa konsep belajar mandiri tidak kalah penting, karena dalam konsep belajar mandiri pembelajaran diposisikan sebagai pemegang kendali, pengambil keputusan atau pengambil inisiatif atas belajarnya sendiri. Sehingga ketentuan berhasil atau tidaknya sebuah pembelajaran sangat tergantung kepada pembelajaran yang dalam konteks ini yaitu peserta didik/siswa.

 

Dengan demikian, inti dari belajar adalah adanya perubahan tingkah laku karena adanya suatu pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut dapat berupa perubahan keterampilan, kebiasaan, sikap, pengetahuan, pemahaman dan apresiasi. Sedangkan pembelajaran adalah suatu proses untuk membelajarkan siswa agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

 

Belajar mandiri bukan berarti belajar sendiri. Mungkin kebanyakan dari kita beranggapan salah mengenai belajar mandiri. Namun, belajar mandiri bukan berarti menuntut peserta didik untuk jenius dengan beranggapan bahwa mereka tidak membutuhkan pihak lain.

 

Dalam pengertian sebenarnya, belajar mandiri yaitu peserta didik tahu kapan harus memerlukan bantuan orang lain. Pengertian tersebut termasuk mengetahui kapan peserta didik harus bertemu sesama mereka di luar jam belajar untuk berdiskusi, mengikuti kegiatan luar sekolah (ekstrakurikuler), atau bahkan bertemu orang yang dianggap pandai dari mereka untuk bertanya seputar masalah mata pelajaran. Di samping itu, pemanfaatan media belajar tidak kalah pentingnya seperti yang telah di singgung sebelumnya.

 

Belajar mandiri memberi kemungkinan bagi siswa untuk maju sesuai keinginan belajar masing-masing dan dapat berinteraksi atau berhubungan dengan bidang pelajaran yang sedang dipelajarinya, serta siswa dapat memperoleh tanggapan langsung mengenai jawaban atau tes yang ia kerjakan. Selanjutnya siswa dapat memperoleh kesempatan untuk memahami secara mendalam bidang pelajarannya.

 

 

 

Homeschooling Alam ------------------------------------------------------------------------------------ Marfudin

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

196623

Pengunjung hari ini : 91
Total pengunjung : 196623

Hits hari ini : 619
Total hits : 670371

Pengunjung Online : 2