CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Dukung Program STOP Kekerasan Terhadap Anak, Homeschooling Alam Hadirkan Pendongeng Dari GEPPUK

Dukung Program STOP Kekerasan Terhadap Anak, Homeschooling Alam Hadirkan Pendongeng Dari GEPPUK

 

Beberapa waktu belakangan ini kita sering mendengar dan menyaksikan pemberitaan tentang kekerasan terhadap anak-anak. Entah itu berita tentang kekerasan secara psikis, fisik maupun seksual yang melibatkan anak-anak sebagai korban maupun pelaku. Namun kejadian tersebut hanya sebagian kecil yang terungkap melalui pemberitaan. Konon masih banyak kejadian-kejadian kekerasan terhadap anak yang tidak terungkap.

 

Memperhatikan kondisi ini, Homechooling Alam Depok mendukung program dan upaya pemerintah mengenai gerakan stop kekerasan pada anak. Salah satunya melalui kegiatan mendongeng dengan menghadirkan Kak Galuh dan Kak Alif dari komunitas Gerakan Para Pendongeng Untuk Kemanusiaan (GEPPUK).

 

Kegiatan ini diikuti oleh siswa Homeschooling Alam dengan sangat antusias menyimak cerita yang disampaikan oleh kedua pendongeng. Bahkan beberapa kali dalam penyampaian cerita terjadi interaksi antara pendongeng dengan siswa maupun guru. Sehingga anak-anak pun terlihat gembira.

 

Dalam kegiatan yang berdurasi sekitar 1 jam itu, Kak Galuh dan Kak Alif mengedukasi anak-anak tentang bagian tubuh mana saja yang tidak boleh dilihat dan dipegang orang lain. Hal ini sangat penting sebagai langkah awal dalam mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak. Bagian tubuh yang tidak boleh dipegang itu adalah mulut, dada, bagian perut hingga lutut, dan pantat/bokong.

 

Anak-anak juga diberitahu apa yang harus dilakukan jika ada orang yang melakukan "sentuhan membingungkan" atau "sentuhan bahaya" di bagian tubuh yang tidak boleh dipegang. Seperti berkata "Tidak Boleh" dengan tegas, lari ke tempat ramai dan berteriak "Tolong!". Tak hanya itu, anak harus berani melaporkan apa yang terjadi kepada orang tua agar segera dapat ditangani.

 

Saat anak-anak bergembira, tertawa, bernyanyi bersama, dan mendengarkan cerita dari Pendongeng GEPPUK, mereka sebenarnya sedang dibekali bagaimana menjaga diri dan teman-teman mereka dari tindak kekerasan pada anak. Semoga semakin banyak anak-anak yang dapat diedukasi, agar semakin banyak anak-anak yang terhindar dari kekerasan pada anak.

 

Hattadi Prima Putra

Staf Administrasi Homeschooling Alam Depok

 

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

149363

Pengunjung hari ini : 106
Total pengunjung : 149363

Hits hari ini : 202
Total hits : 511625

Pengunjung Online : 4