CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Siswa SD Homeschooling Alam Depok Kembali Ikuti UN Formal Untuk Kedua Kalinya

 

Ujian nasional (UN) menjadi hal terpenting dalam menyelesaikan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA. Bagi peserta didik di jenjang akhir tentunya perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi UN. Baik itu UN bagi siswa yang menempuh pendidikan di jalur pendidikan formal maupun non formal. Khusus bagi siswa di jalur pendidikan non formal, UN yang dilaksanakan berupa UN Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket A setara tingkat SD di jalaur pendidikan formal, UNPK Paket B setara tingkat SMP dan PAket C setara dengan SMA.

Namun untuk peserta didik yang berasal dari sekolahrumah (homeschooling) dapat melaksanakan UN di jalur formal (UN formal) maupun UNPK. Hal tersebut mengacu pada pasal 12 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 129 tahun 2014 tentang Sekolahrumah. Pasal 12 tersebut berbunyi : “peserta didik sekolah rumah (homeschooling) dapat mengikuti Ujian Nasional/Ujian Nasional Paket Kesetaraan (UN/UNPK) pada satuan pendidikan formal atau non formal yang disetujui atau ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat”.

Ketentuan inilah menjadi salah satu dasar bagi Dinas Pendidikan Kota Depok untuk mewadahi siswa-siswa sekolahrumah (homeschooling) dalam pelaksanaan UN. Dengan ketentuan tersebut, Dinas Pendidikan Kota Depok telah memasuki tahun kedua dalam pelaksanaan UN pada sekolah formal bagi siswa sekolahrumah. Pelaksanaan tersebut dimulai pada tahun ajaran 2015/2016 yang didasari pada surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok.

Untuk meningkatkan pelaksanaan UN formal agar semakin baik, pada tahun ajaran 2016/2017 Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok menerbitkan Surat Keputusan (SK) nomor 421/6538-Disdik/2016 tentang Penyelenggara Sekolahrumah dan Pelaksanaan Ujian Pada Sekolah Formal. Berdasarkan tersebut, sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah induk penyelenggara UN formal bagi sekolahrumah (homeschooling) adalah SDN Beji 5 dan SDN Depok Jaya 8 khusus bagi siswa inklusi. Sedangkan untuk tingkat SMP ditunjuk SMPN 19 Depok.

Meskipun sudah memiliki legalitas pelaksanaan UN formal, pelaku dan pengelola sekolahrumah tetap harus menyeleksi siswanya yang akan didaftarkan sebagai peserta UN formal. Selektifitas yang dilakukan adalah berkaitan kesiapan dan kondisi psikologis siswa yang akan mengikuti UN formal. Oleh karenanya pelaku dan pengelola harus benar-benar memahami kondisi siswanya sehingga dapat mengarahkan pelaksanaan UN yang dipilih. Yaitu UN formal di tingkat SD, SMP dan SMA atau UNPK Paket A, B dan C.

Untuk bisa mengikuti UN pada sekolah formal, SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok tersebut juga mengatur persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku atau pengelola sekolahrumah baik kategori tunggal maupun komunitas.

Adapun persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelaku atau pengelola sekolahrumah agar siswanya bisa mengikuti UN formal adalah :

  1. Menyerahkan fotocopy izin penyelenggaraan sekolahrumah (homeschooling) ke sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Depok sebagai penyelenggara UN formal.
  2. Mengajukan/mendaftarkan siswa sekolahrumah (homeschooling) ke sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Depok.
  3. Siswa yang didaftarkan sebagai peserta UN formal harus memiliki Nomor Induk Ssiswa Nasional (NISN)
  4. Pendaftaran siswa dilakukan pada saat semester pertama tahun ajaran.
  5. Pelaku atau pengelola sekolahrumah (homeschooling) harus menyerahkan berkas administrasi siswa, antara lain :

-          Fotocopy akte kelahiran siswa.

-          Fotocopy Kartu Keluarga (KK).

-          Fotocopy Kartu tanda Penduduk (KTP) kedua orang tua.

-          Fotocopy raport kelas IV (semester ganjil dan genap), kelas V (semester ganjil dan genap), kelas VI (semester ganjil) bagi siswa SD.

-          Fotocopy ijazah dan SKHUN terakhir yang dilegalisir disertai fotocopy raport kelas VII (semester ganjil dan genap), kelas VIII (semester ganjil dan genap), dan kelas IX (semester ganjil) bagi siswa SMP.

  1. Ketentuan dan Teknis Pelaksanaan

-          Siswa sekolahrumah (homeschooling) diharuskan untuk mengikuti jadwal try out yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok maupun Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

-          Siswa sekolahrumah (homeschooling) mengikuti pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) baik ujian tertulis maupun ujian praktek yang diselenggarakan oleh sekolah induk.

-          Siswa sekolahrumah (homeschooling) mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di sekolah induk. Setelah itu dilanjutkan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tertulis di sekolah induk.

-          Ijazah dan SKHUN diterbitkan oleh sekolah induk.

 

Dengan adanya ketentuan pelaksanaan UN formal tersebut, pelaku ataupun pengelola sekolahrumah diharapkan mendaftarkan siswanya yang benar-benar siap secara akademis dan fisik. Sebab, secara tidak langsung akan mengubah gaya belajar siswa terutamanya pada semester akhir. Sehingga perubahan tersebut akan berdampak pada psikologis dan mental siswa.

Nah, bagi pelaku sekolahrumah (homeschooling)  khususnya yang berada di Kota Depok dapat menentukan pilihan dalam pelaksanaan UN. Untuk itu, Homeschooling Alam membuka kesempatan untuk sharing, konsultasi dan berbagi pengalaman serta memfasilitasi dalam pelaksanaan UN formal bagi siswa-siswa sekolahrumah. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Administrasi Homeschooling Alam (021-29208974 / 081212728678 / 081310702223). (*)

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

148334

Pengunjung hari ini : 122
Total pengunjung : 148334

Hits hari ini : 258
Total hits : 508959

Pengunjung Online : 3