CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Mengetahui Gaya Belajar Dan Karakter Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar

Assalamualaikum Ayah Bunda dan Teman-teman.. apa kabar nya? semoga selalu sehat dan bergembira ya… Kali ini kita akan bersama sama membahas pentingnya memahami gaya belajar dan karakter siswa dalam proses belajar mengajar, Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi selama mengajar dan referensi dari berbagai Artikel yang saya baca di dunia maya.

Nah Ayah Bunda.. menguasai karakter siswa dalam proses belajar adalah salah satu strategi penting dalam pembelajaran di sekolah. seorang pendidik perlu mengetahui seluk beluk dan karakter siswa yang beragam dalam satu kelas, bahkan dalam satu sekolah. Sebenarnya hal ini bukanlah hal baru dalam dunia pendidikan. pentingnya mempertimbangkan karakter siswa dalam pendidikan di lembaga sekolah. Dengan memahami karakter siswa akan memudahkan guru untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah secara umum dan tujuan pembelajaran khususnya. Sama hal nya di Homeschooling Alam sebelum putra dan putri ayah bunda bergabung dengan Homeschooling Alam kami dari Tim pendidik akan melakukan Observasi dan pemetaan yang dilakukan oleh psikolog sekolah yang hasilnya cukup detail mulai kemampuan motoric kasar dan halus, gaya belajar, kemampuan yang menonjol, rentang konsentrasi dll. hal ini dilakukan agar mudah menentukan program belajar yang sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar siswa tersebut. Karakter adalah ciri khas individu berkaitan dengan nilai yang dimilikinya. Karakter setiap individu berbeda satu sama lainnya. Begitu pula halnya antara satu siswa dengan siswa lainnya dalam suatu kelompok belajar. Karakter seorang siswa tidak dibawa sejak lahir. Karakter tumbuh dan berkembang melalui proses belajar di lingkungan keluarga, lembaga sekolah dan lingkungan sosial dimana siswa berada. Beberapa manfaat mengetahui gaya belajar dan karakter siswa

1.Pengelolaan kelas Menguasai karakter siswa berarti menciptakan strategi bagi guru untuk mengelola kelas selama pembelajaran.

2.Pelayanan terhadap siswa Guru yang dapat memahami dan menguasai karakter siswa akan mempermudah jalan untuk memberikan pelayanan pembelajaran dan di permudah juga dengan aturan jumlah siswa per kelas di homeschooling alam yang maksimal 10 siswa per kelas, dengan jumlah siswa yang tidak terlalu banyak guru dapat menentukan Strategi apa yang cocok, metode apa yang sesuai dengan karakter siswa yang akan dihadapi.

3.Tindakan antisipasi masalah Dengan menguasai karakter siswa, guru akan dapat mengantisipasi atau mengambil tindakan lebih cepat dan tepat jika terjadi permasalahan dalam belajar.

4.Komunikasi dengan pihak terkait di sekolah dan di rumah Jika terjadi masalah dalam pembelajaran dan tidak bisa diselesaikan oleh guru, maka dapat dikomunikasikan dengan pihak terkait di Rumah atau di Sekolah, orang tua, guru bimbingan, dll.

Oke Ayah Bunda sampai disini dulu ya pembahasan kita tentang memahami gaya belajar dan karakter dalam proses belajar siswa. semoga dengan ini kita sebagai orang tua dan kami sebagai tenaga pendidik dapat bekerja sama dalam memahami gaya belajar dan karakter siswa agar lebih mudah mencapai tujuan pendidikan yang cocok dan di butuhkan anak dan Orangtua. Wassalam..

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

149363

Pengunjung hari ini : 106
Total pengunjung : 149363

Hits hari ini : 164
Total hits : 511587

Pengunjung Online : 4