CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif Bagi Siswa Inklusi

 

Sekolahrumah (homeschooling) menjadi salah satu pendidikan alternatif dalam proses kegiatan belajar di Indonesia. Keberadaan pun diakui oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 129 tahun 2014 tentang Sekolahrumah. Dalam peraturan menteri tersebut, bentuk sekolahrumah terbagi dalam tiga kategori yaitu sekolahrumah tunggal, majemuk dan komunitas.

Ketiga kategori sekolahrumah tersebut sangat cocok diterapkan bagi siswa yang berkebutuhan khusus yang berada pada jalur pendidikan non formal dan informal. Sebab, pembelajaran yang dilaksanakan akan berbeda ketika anak-anak inklusi belajar pada jalur pendidikan formal. Kemampuan dan gaya belajar anak-anak inklusi yang berbeda dengan anak-anak lainnya akan terakomodir berdasarkan kondisinya. Oleh karenanya homeschooling merupakan pendidikan alternatif bagi anak-anak inklusi yang juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

Menyikapi hal tersebut, Homeschooling Alam Depok menyelenggarakan pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam proses pembelajaran, anak berkebutuhan khusus menjadi perhatian khusus bagi tim guru. Sebab, masing-masing anak memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda-beda. Oleh karenanya, proses belajar bagi anak-anak yang tergolong inklusi di Homeschooling Alam Depok diantaranya :

  1. Mengkombinasikan waktu belajar dengan jadwal terapi. Bagi anak-anak inklusi sangat disarankan untuk menjalani terapi karena hal tersebut sangat mendukung dalam proses tumbuh kembangnya. Tak hanya mengkombinasikan jadwal, hasil terapi juga menjadi pegangan bagi tim guru sehingga proses perkembangan anak-anak inklusi dapat lebih maksimal. Namun hal tersebut tak kalah pentingnya adalah peranan orang tua yang menjadi jembatan komunikasi antara terapis dengan guru di Homeschooling Alam Depok.
  2. Kegiatan belajar menggunakan Individual Education Plan (IEP). Hal ini disusun dengan menyesuaikan kebutuhan anak dan sejalan dengan program terapi yang dilaksanakan. Seperti penerapan terapi bina diri di Homeschooling Alam Depok yang dapat dilakukan dan dilatih melalui kegiatan-kegiatan keterampilan/art.

Sensorik Integrasi yang dipadukan dengan kegiatan belajar olah raga maupun outbond. Hal ini dilakukan juga untuk melatih dan meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa.

  1. Penempatan jenjang/kelas fleksibel yang disesuaikan dengan usia atau kemampuan anak. Penerapan ini dilakukan setelah berdiskusi dengan orang tua sebelum bergabung menjadi siswa Homeschooling Alam Depok. Sehingga anak inklusi dapat belajar sesuai dengan kemampuannya sebagaimana kesepakatan antara orang tua, pihak sekolah, terapis atau psikolog yang menangani perkembangan anak.
  2. Belajar dalam kelompok kecil. Anak-anak inklusi akan dilatih kemampuan secara bertahap mulai dari bermain berdampingan, berkomunikasi hingga bersosialisasi dengan ingkungan sekitar. Untuk pelaksanaan pembelajaran, di Homeschooling Alam jumlah siswa setiap kelasnya dibatasi dengan jumlah 10 siswa per kelas. Sehingga dalam proses belajar perhatian guru dan siswa tidak terpecah dan hasil yang diharapkan dapat lebih maksimal.
  3. Evaluasi belajar juga disesuaikan dengan kemampuan siswa. Misalnya anak yang baru tahap belajar membaca, pelaksanaan ujiannya dilakukan dengan media berupa gambar atau praktek langsung.
  4. Waktu bergabung menjadi siswa Homeschooling Alam Depok pun lebih fleksibel. Oleh karenanya, orang tua tidak harus menunggu awal semester ataupun tahun ajaran baru jika akan bergabung. Disaat ananda sudah siap dan kuota siswa masih memungkinkan, maka ananda dapat bergabung dengan segera menjadi siswa Homeschooling Alam Depok.

Nah, bagi orang tua yang ingin lebih lanjut mengetahui tentang proes belajar bagi anak-anak inklusi, Homeschooling Alam membuka kesempatan untuk sharing, konsultasi dan berbagi pengalaman. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Administrasi Homeschooling Alam 021-29208974 / 081212728678 / 081310702223). (*)

 

Hattadi Prima Putra

Staf Administrasi HS Alam Depok

 

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

154575

Pengunjung hari ini : 154
Total pengunjung : 154575

Hits hari ini : 485
Total hits : 527818

Pengunjung Online : 2