CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Funcooking bersama siswa TK dan SD kelas 1 di Homeschooling Alam

Funcooking bersama siswa TK dan SD kelas 1 di Homeschooling Alam

 

                        Alhamdulillah, pekan ini saya kembali mendampingi siswa TK dan SD kelas 1 di Homeschooling Alam. Kenapa sih kok terkesan gurunya ganti-ganti terus ? ? jadi di Homeschooling Alam itu menerapkan pembelajaran dengan perbandingan guru laki-laki dan guru perempuannya harus seimbang, sehingga kami membagi tugas dan peranan untuk mendampingi siswa, selayaknya peran Ayah dan Ibu. Untuk kegiatan olahraga, menjelajah, outbond dll pastinya bersama guru laki-laki, tapi untuk kegiatan Funcooking, menjahit dan aneka lifeskill lainnya bersama guru perempuan. Dan pembagian peranan ini sudah sangat diketahui oleh siswa di Homeschooling Alam, dan Alhamdulillah mereka semua sudah kenal dan dekat dengan semua guru di Homeschooling Alam.

                        Nah, pekan ini saya akan mendampingi kegiatan Funcooking. Karena tema pembelajarannya saat ini adalah “Plant” atau tanaman, maka kami akan memasak aneka jenis masakan yang berasal dari tanaman. Tanaman apa saja yang akan kami masak? Ada yang tau??. Kami akan memasak tumis kangkung dan membuat minuman dari jeruk peras.Wahh.. enak banget dong dan segar sekali tentunya, apalagi sayuran kangkung organiknya di panen langsung dari kebun di Homeschooling Alam dan terjamin kesegarannya.

                        Pertama-tama siswa diajak ke tukang sayur untuk berbelanja bumbu untuk membuat tumis kangkung, ada yang ditugaskan untuk membeli bawang merah, ada yang membeli bawang putih dan tomat. Sengaja mereka diberikan kepercayaan untuk memegang uang dan belajar berkomunikasi dengan penjualnya. Setelah berbelanja, kami mengupas aneka bawang tersebut dan mencucinya. Sebagian siswa lain diberikan arahan untuk memotong kangkung serta mencucinya juga.

                        Setelah semuanya dicuci, sekarang siswa belajar untuk mengiris bumbu tersebut, dan setelah semuanya di iris kami tumis deh bumbunya , masukan sedikit air, tomat, serta masukan kangkungnya dan masak hingga matang. Alhamdulillah banyak siswa yang suka memakan tumis kangkung ini, bahkan bawangnya pun dimakan oleh beberapa siswa. Senangnya memasak bersama mereka. Selanjutnya kami membuat minuman jeruk peras, nah kesulitannya dalam kegiatan ini adalah saat memotongnya, karena banyak yang tidak tahu teknik memotong jeruk untuk dibuat minuman,serta banyak juga yang kesulitan karena jeruknya menggelinding terus saat akan dipotong, sehingga membutuhkan bantuan untuk memegang jeruk tersebut. Setelah dipotong, jeruk tersebut mereka peras masig-masing, kemudian ditambahkan gula dan air hangat. Untuk sebagian siswa yang diperbolehkan menggunakan es, boleh ditambahkan es batu .

                        Oia.. hari ini bukan hanya itu yang kami buat, ada satu camilan lagi yang kami akan buat. Wah lengkap sekali yaa menu hari ini, ada sayuran, minuman, dan camilan. Sebenarnya camilan ini memanfaatkan bahan yang ada di sekolah dan bertujuan juga untuk melatih motorik halus para siswa jadi kami akan membuat kacang bawang. Nah kacangnya ini akan kami kupas kulit arinya setelah di seduh dengan air panas. Wah… kebayang dong para siswa TK dan kelas 1 SD mengupas kulit ari kacang tanah satu per satu.  Setelah dibagikan kacang tanah disebuah piring, para siswa langsung sepi dan tenang mengerjakan tugas yang diberikan, meskipun sesekali ada yang bilang “ Ibu susah”, “ Ibu lama banget ya selesainya” , atau “ Ibu aku capek” , tapi Alhamdulillah setelah diberikan semangat dan saling membantu semuanya dapat mengerjakan dengan baik tugas yang diberikan.

                        Setelah itu kacang yang sudah dikupas diberikan bumbu, yaitu bawang putih dan garam yang dihaluskan dengan cara di ulek. Kemudian dicampurkan ke kacang tanah dan diamkan beberapa menit agar meresap. Setelah itu goreng dengan api sedang hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan. Para siswa tidak sabar mencoba kacang bawang tersebut, sehingga saat baru di tiriskan mereka sudah mulai mencoba kacang tersebut. Selanjutkan tugas mereka adalah merapihkan kelas dan mencuci peralatan yang sudah selesai digunakan.

                        Alhamdulillah, selesai juga kegiatan funcooking hari ini. Banyak pembelajaran yang di dapatkan dalam kegiatan ini dari belajar berbelanja, belajar mengenal bumbu, mengiris bumbu, menumis kangkung, memotong jeruk, sampai dengan melatih motorik para siswa serta lifeskill siswa, serta melatih tanggung jawab untuk merapihkan kembali barang-barang yang telah digunakan.

                              Yuk yang mau merasakan keseruan belajar di Homeschooling Alam, daftarkan dirimu ke www.Homeschoolingalam.com atau datang langsung ke Jl. Karya Bakti Gg. Anggrek No 80. Tanah Baru Beji Depok.Telp 021 29208974 atau 081212728678.

 

 

                       

 

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

307453

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung : 307453

Hits hari ini : 1665
Total hits : 993747

Pengunjung Online : 2