CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Berita

Kunjungan ke Museum Bahari bersama siswa SMP dan SMA

Kunjungan ke Museum Bahari bersama siswa SMP dan SMA

 

                        Alhamdulillah di hari rabu yang cerah pekan pertama tema Weather. Hari ini siswa SMP dan SMA Homeschooling Alam akan melakukan kunjungan belajar ke Musium Bahari Jakarta Utara. Titik kumpulnya di terminal Busway Ragunan pukul 07.30. Setelah semua siswa kumpul . kami memulai perjalan kami dan tidak lupa kami untuk berdoa dan memberikan sedikit arahan tentang kegiatan hari ini. Di Homeschooling Alam, para siswa terbiasa untuk melakukan perjalanan belajar dengan aneka transportasi umum, karena hal ini yang menjadi pengalaman baru dan berharga untuk mereka. Disini mereka akan belajar untuk menghargai oranglain, berempati, dan melatih kesabaran mereka saat mengantri. Biasanya kami menggunakan trasnportasi umum seperti KRL, Busway dan angkot.

                        Perjalanan ini kami menumpangi busway jurusan Ragunan-Monas, karena kami harus transit terlebih dahulu ke Monas dan kemudian melanjutkan lagi dengan berganti busway Jurusan Kota. Di perjalanan menuju Monas, Busway yang kami tumpangi sangat penuh dan berdesakan, di sini para siswa akan belajar untuk memberikan tempat duduk kepada yang lebih membutuhkan. Alhamdulillah siswa SMP dan SMA sudah cukup terbiasa dan tangguh untuk berdiri hingga halte tujuan Monas. Setelah kami sampai di Halte Monas, kami melanjutkan kembali dengan berganti Busway tujuan Kota, kali ini Busway yang kami tumpangi tidak terlalu penuh, sehingga sebagian besar siswa dapat duduk hingga Halte Busway Kota.

                        Sesampainya kami di Kota, kami beristirahat terlebih dahulu di lorong bawah tanah. Disini tempatnya cukup nyaman,ada toilet, mushola , minimarket serta toko roti, sehingga kami nyaman untuk beristirahat disini sebelum kami melanjutkan perjalanan menuju Musium Bahari. Selesai beristirahat kami melanjutkan perjalanan kami menuju Musium Bahari dengan menggunakan angkot, kami menumpangi angkot M15. Sebelum naik kami sudah menginformasikan bahwa tujuan kami adalah Musium Bahari dan bapak supir angkotnya pun sudah oke. Nah, disinilah keseruan kami dimulai, setelah menempuh sekitar 15 menit kami merasa perjalanan kami semakin jauh, hingga pada akhirnya supir angkot bilang bahwa sudah sampai, kami semua bingung karena kami sekarang berada di terminal Tanjung Priuk, dan kami pun mengkonfirmasi ulang bahwa tujuan kami adalah Musium Bahari, dan ternyata bapak supir angkot mendengarnya adalah Taman Bahari dan kami pun akhirnya diantarkan lagi menuju Musium Bahari. Kesabaran siswa SMP dan SMA pun semakin teruji saat bapak supir angkot marah-marah meminta bayaran lebih dari yang kami berikan , dan akhirnya kami harus membayar lebih meskipun ini bukan kesalahan kami.

                        Alhamdulillah, setelah turun dari angkot kami sudah sampai di Musium Bahari. Dari luar sudah terlihat bangunan-bangunan tua peninggalan VOC dan menara Syahbandar yang terkenal itu. Disana kami disambut baik oleh petugas Musium Bahari, bahkan kami pun bercerita bahwa kami dibawa hingga ke Tanjung Priuk, dan menurut petugas disana sebenarnya kami bisa berjalan kaki melewati jalan yang mereka tunjukan, dan jaraknya sekitar 1 Km dari tempat kami naik angkot tadi! Hahaha.. seru deh perjalanan hari ini.

                        Untuk mengelilingi Musium Bahari kami akan di pandu oleh Kak Firman, disana kami dijelaskan sejarah bangunan Musium Bahari, di ceritakan pula fungsi kanal dibelakang kami yang sekarang sudah dikeringkan, ternyata dulunya adalah kanal yang digunakan untuk keluar masuk kapal untuk mengangkut hasil rempah-rempah Bangsa Indonesia dan Musium Bahari adalah gudang penyimpanan rempah-rempah nya. Di depan Musium pun ada gedung kantor VOC yang dahulu kala di kuasa oleh penjajah Indonesia. Di depan Musium juga terdapat Menara Syahbandar, atau menara pemantau yang dulu digunakan untuk memantau kapal yang masuk dan keluar.

                        Kemudian kami dibawa berkeliling-keliling musium , kami dijelaskan tentang sejarah Batavia, di perlihatkan peninggalan-peninggalan sejarah Batavia, melihat aneka koleksi-koleksi kapal tradisional dari berbagai daerah, alat-alat navigasi kapal laut, alat kemudi Kapal, dan aneka replika kapal laut buatan Indonesia. Disana kami juga dijelaskan bagaimana perkembangan mode transportasi laut dari jaman dahulu hingga sekarang. Dilantai atas musium ada banyak patung-patung bangsawan-bangsawan yang pernah melakukan perdagangan di Indonesia, para pelaut penjelajah dunia yang pernah singgah di Batavia, ada juga patung-patung para penjajah Indonesia,serta patung-patung pahlawan maritim Indonesia.

                        Bangunan Musium Bahari dibangun sekitar 350 tahun yang lalu, dengan menggunakan kayu-kayu besar sebagai tiang dan penopang lainnya, dan semuanya masih terlihat terawatt dan bagus. Sayangnya, bangunan Musium Bahari pernah mengalami kebakaran, yang mengakibatkan 1/3 bangunannya rusak, juga menghanguskan beberapa koleksi yang dimilikinya. Alhamdulillah setelah puas berkeliling dan berfoto bersama, kami beristirahat makan siang dengan makanan yang telah kami bawa , kemudian sholat Dzuhur di Musholah area Musium Bahari yang sangat nyaman.

                        Untuk perjalanan pulang, kami memutuskan untuk berjalan kaki menuju Stasiun Kota. Sangat tidak terasa kami berjalan bersama-sama, dan kami pun pulang menuju Stasiun Depok Baru dengan menggunakan alat transportasi KRL.Alhamdulillah, begitu banyak pengalaman dan pembelajaran yang kami dapatkan hari ini.

          Bagaimana, seru kan kegiatan belajar kami ? Yuk yang mau bergabung dengan Homeschooling Alam, dapat datang langsung ke Jl. Karya Bakti Gg. Anggrek No 80. Tanah Baru Beji Depok.Telp 021 29208974 atau 081212728678.

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

303137

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung : 303137

Hits hari ini : 412
Total hits : 977967

Pengunjung Online : 1