CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Faq

 

Apa Itu Homeschooling Alam Depok ?
Homeschooling merupakan bentuk dan proses pendidikan yang diakui oleh pemerintah melaluui Permendikbud nomor 129 tahun 2014. Salah satu bentuk homeschooling adalah Komunitas yang diperkuat dalam bentuk lembaga berbadan hukum. Bagaimanakah dengan Homeschooling Alam Depok ? Berikut ikhtisar tentang Homeschooling Alam Depok (HS Alam) dan semoga bermanfaat.

Tanya : Apa itu Homeschooling Alam Depok ?
Jawab : Homeschooling Alam Depok adalah lembaga pendidikan non formal yang mengkombinasikan konsep Sekolah Alam dengan Homeschooling.

Tanya : Apa tujuan dan gagasan didirikannya Homeschooling Alam Depok ?
Jawab : Homeschooling Alam Depok didirikan sebagai reaksi terhadap sistem sekolah di Indonesia yang semakin lama semakin terasing dari lingkungan. Siswa hanya disiapkan sebagai calon-calon pekerja, dipaksa menelan materi sebanyak-banyaknya seperti diatur oleh kurikulum, diseragamkan, dan seterusnya.
Bisa dibilang, gagasan utamanya adalah “back to nature”, dalam arti mengembalikan fitrah anak didik sesuai kapasitas kemampuan (tanpa pemaksaan untuk mengunyah mata pelajaran yang diwajibkan), dan kembali akrab dengan alam tempat kita tinggal.

Tanya : Jenjang pendidikan apa saja yang diselenggarakan di Homeschooling Alam Depok?
Jawab : Homeschooling Alam Depok menyelenggarkan pendidikan jenjang Toddler, Play Group (PG), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Inklusi

Tanya : Bagaimana proses dan media pembelajaran di Homeschooling Alam Depok ?
Jawab : Dengan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran, kami berusaha menjadikan proses belajar menjadi lebih variatif dan tidak membosankan. Kami sangat berharap siswa bisa lebih menghayati apa yang mereka pelajari, dan semakin mencintai proses belajar itu sendiri. Lebih dari itu, kami berusaha mempersiapkan anak didik untuk dapat dan siap menghadapi masalah-masalah yang akan mereka temui dalam kehidupan nyata.

Tanya : Bagaimana Kurikulum pembelajaran di Homeschooling Alam Depok ?
Jawab : Kurikulum di Homeschooling Alam mengintegrasikan Kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan nilai-nilai ke-Islaman, Multiple Intelegensia, Lifeskill, dan Kemandirian.

Tanya : Bagaimana dengan evaluasi belajar di Homeschooling Alam Depok ?
Jawab : Evaluasi belajar terdiri dari :
1. Evaluasi Harian adalah dengan pemberian simbol bintang pada buku penghubung siswa sehingga orangtua dapat memantau kegiatan belajar yang telah dilakukan. Apabila siswa aktif, mengerjakan tugas dan bersikap baik selama kegiatan belajar maka akan diberikan simbol 3 bintang (***). Apabila siswa mengerjakan tugas dan bersikap baik selama kegiatan belajar maka akan mendapatkan simbol 2 bintang (**). Dan, jika mengerjakan tugas dan bersikap cukup baik selama kegiatan belajar maka akan mendapatkan simbol bintang 1 (*).
2. Evaluasi Pekanan adalah evaluasi yang dilakukan oleh tim guru selama kegiatan belajar yang telah berlangsung selama satu pekan. Apabila ada materi pembelajaran yang belum terlaksana atau perlu pengulangan, maka materi tersebut akan disampaikan kembali pada pekan berikutnya. Karena jadwal dan materi belajar akan diberikan kepada siswa setiap pekannya. Sehingga orang tua dapat mengetahui perkembangan dan proses belajar yang telah dijalani oleh anak-anak.
3. Evaluasi Semesteran adalah pelaksanaan evaluasi berupa Ujian Akhir Semester (UAS). UAS dilaksanakan selama dua pekan sesuai dengan jenjang masing-masing. UAS berupa tertulis dan praktek dengan bobot nilai yang berbeda. Di akhir semester ini orang tua akan menerima hasil belajar siswa dalam bentuk raport tertulis yang penilaiannya diambil dari nilai harian, nilai UAS dan sikap serta prilaku siswa sehari-hari. Raport yang disampaikan berupa penilaian angka dan penilaian berupa kisi-kisi.

Tanya : Bagaimana dengan pelaksanaan ujian kelulusan (Ujian Nasional) ?
Jawab : Siswa mengikuti Ujian Nasional (UN) Pendidikan Kesetaraan (Paket) A untuk jenjang SD, Paket B untuk jenjang SMP dan Paket C untuk jenjang SMA. Namun siswa dapat mengikuti UN formal di sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Depok apabila memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Tanya : Mengenai lulusan, apakah dapat melanjutkan ke sekolah formal ?
Jawab : Siswa lulusan Homeschooling Alam Depok dapat melanjutkan pendidikannya ke sekolah formal maupun ke lembaga pendidikan non formal informal. Untuk diterimanya di sekolah formal sangat tergantung dari kemampuan siswa mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh sekolah formal yang dituju.

Tanya : Bagaimana legalitas formal Homeschooling Alam Depok ?
Jawab : Sejak tahun 2015 Homeschooling Alam telah terdaftar di Dinas Pendidikan Kota Depok dengan izin penyelenggaraan bernomor 421.9/26-PNFI/Disdik/2015.

Tanya : Sejak kapankah Homeschooling Alam Depok memulai aktivitas ?
Jawab : Homeschooling Alam Depok berdiri sejak tahun 2004 dan berada dibawah naungan Yayasan Berkah Alam Mandiri

Tanya : Dimanakah lokasi Homeschooling Alam Depok ?
Jawab : Homeschooling Alam berada di Jl. Anggrek no.80 RT.002 RW.005 Tanah Baru, Beji, Depok dan belum memiliki cabang di daerah lain. Nomor kontak 021 29208974 / 081212728678.

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

186535

Pengunjung hari ini : 217
Total pengunjung : 186535

Hits hari ini : 1188
Total hits : 642164

Pengunjung Online : 2