CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Kegiatan siswa SD kelas 1 dan 2 mencari harta karun

MATA PELAJARAN  : MATEMATIKA

MATERI : PENGENALAN KONSEP SATUAN TAK BAKU

KELAS  : 1 DAN 2 SEKOLAH DASAR

 

          Dalam kehidupan sehari- kita sering mengukur benda dengan satuan tak baku seperti jengkal, depa, telapak tangan dan langkah. Dalam materi pengenalan konsep satuan tak baku, bisa dengan praktek langsung. Yaitu “Games Menemukan Harta Karun” dengan games ini diharapkan siswa dapat mengenal dan praktek langsung satuan tak baku seperti mengukur dengan langkah.

          Media yang digunakan kertas origami berwarna sebagai peta/petunjuk menuju Harta Karun. Di dalam kertas petunjuk diberi soal berupa penambahan dan pengurangan bilangan yang hasilnya bisa dijadikan petunjuk dengan langkah menuju Harta Karun. Misalnya , 3+5+2-1 = 9 Langkah menuju (topi yang sering dipakai pak tani kesawah) siswa dapat langsung praktek 9 langkah menuju topi caping pak tani untuk menemukan kertas petunjuk berikutnya.

          Games ini dibagi menjadi 2 kelompok A dan B, agar siswa bisa bekerja sama dan berinteraksi dengan siswa lainnya. Kertas petunjuk juga dibagi 2 warna antara kelompok A dan B agar siswa bisa membedakan kertas petunjuk yang harus dicari berdasarkan warna. Harta Karun yang di dapat berupa Reward Bintang yang bisa dipasang di Display masing-masing siswa atau di tukarkan hadiah.

          Dengan Games Harta Karun ini bisa menggali potensi siswa mengenai mata pelajaran matematika yaitu materi satuan tak baku dengan cara siswa praktek langsung, dan potensi kerjasama dan ineraksi sesama siswa, agar bisa membangun rasa kebersamaan.

 

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

149363

Pengunjung hari ini : 106
Total pengunjung : 149363

Hits hari ini : 217
Total hits : 511640

Pengunjung Online : 4