CHAT VIA WHATSAPP

Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974,Hp (0812-1272-8678) Beji-Depok-16426

homeschoolingalamdepok@gmail.com

Percobaan Citrun dapat membersihkan karat oleh siswa SD kelas 3 Homeschooling Alam

Kandungan Citrun.

Citrun mengandung asam sitrat. Asam sitrat merupakan asam organik lemahyang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus, citrus(jeruk-jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawetyang baik dan alami, selain digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanandan minuman ringan. Dalam biokimia, asam sitrat dikenal sebagai senyawa antara dalam siklus asam sitratyang terjadi di dalam mitokondria, yang penting dalam metabolisme makhluk hidup. Zat ini juga dapat digunakan sebagai zat pembersih yang ramah lingkungan dan sebagai antioksidan.

Asam sitrat terdapat pada berbagai jenis buah dan sayuran, namun ditemukan pada konsentrasi tinggi, yang dapat mencapai 8% bobot kering, pada jeruk lemon dan limau (misalnya jeruk nipis dan jeruk purut).

Namun begitu, penggunaannya tidak boleh berlebihan karena akan meningkatkan asam dalam lambung.

Kegunaan Asam Sitrat

Penggunaan utama asam sitrat saat ini adalah sebagai zat pemberi cita rasa dan pengawetmakanan dan minuman, terutama minuman ringan. Kode asam sitrat sebagai zat aditif makanan (E Number) adalah E330. Garam sitrat dengan berbagai jenis logam digunakan untuk menyediakan logam tersebut (sebagai bentuk biologis) dalam banyak suplemen makanan. Sifat-sitrat sebagai larutan penyangga digunakan sebagai pengendali pH dalam larutan pembersih dalam rumah tangga dan obat-obatan.

Kemampuan asam sitrat untuk  meng-kelat logam menjadikannya berguna sebagai bahan sabundan deterjenn. Dengan meng-kelat logam pada air sadah, asam sitrat memungkinkan sabun dan deterjen membentuk busa dan berfungsi dengan baik tanpa penambahan zat penghilang kesadahan. Demikian pula, asam sitrat digunakan untuk memulihkan bahan penukar ion yang digunakan pada alat penghilang kesadahan dengan menghilangkan ion-ion logam yang terakumulasi pada bahan penukar ion tersebut sebagai kompleks sitrat.

Asam sitrat digunakan di dalam industri bioteknologidan obat-obatan untuk melapisi (passivate) pipa mesin dalam proses kemurnian tinggi sebagai ganti asam nitrat, karena asam nitrat dapat menjadi zat berbahaya setelah digunakan untuk keperluan tersebut, sementara asam sitrat tidak.

Asam sitrat dapat pula ditambahkan pada es krim untuk menjaga terpisahnya gelembung-gelembung lemak

Dalam resep makanan, asam sitrat dapat digunakan sebagai pengganti sari jeruk.

Keamanan

Asam sitrat dikategorikan aman digunakan pada makanan oleh semua badan pengawasan makanannasional dan internasional utama. Senyawa ini secara alami terdapat pada semua jenis makhuk hidup, dan kelebihan asam sitrat dengan mudah dimetabolismedan dihilangkan dari tubuh.

Paparan terhadap asam sitrat kering ataupun larutan asam sitrat pekat dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata. Pengenaan alat protektif (seperti sarung tangan atau kaca mata pelindung) perlu dilakukan saat menangani bahan-bahan tersebut.

Sumber : id.wikipedia.org

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

149363

Pengunjung hari ini : 106
Total pengunjung : 149363

Hits hari ini : 235
Total hits : 511658

Pengunjung Online : 4