Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974, Beji-Depok-16426

[email protected]

Berita

Pengalaman Bersama Siswa Praktek Menghitung Uang dan Berbelanja Di Pasar Tradisional

 

 

Matematika !!!…..semua siswa ketika mendengar mata pelajara ini yang terbesit dibenaknya adalah angka-angka dan jutaan rumus. Menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Menghitung adalah salah satu belajar yang sangat membutuhkan kosentrasi yang tinggi. Namun semua itu bisa kita singkirkan sejenak, karena belajar bukanlah hanya harus memegang buku, pulpen dan alat tulis lainnya.

 

Homeschooling Alam Depok, mencoba memberikan metode belajar berhitung ini dengan menggunakan Uang dan praktek langsung kepada kelas 5 dan 6 , bagaimana cara berhitung dengan melakukan transaksi jual beli.dan berinteraksi langsung antara penjual dan pembeli di pasar tradisional.

 

Diawali dari berangkatnya siswa dan siswi kelas 5 dan 6 menuju salah satu pasar tradisional di Jakarta Selatan. Untuk menuju kepasar tersebut siswa dan siswi harus menaiki Angkutan Umum. Dengan tujuan memberikan pembelajaran betapa bersyukurnya kita yang memiliki kendaraan pribadi yang tidak harus berdesak-desakan, bermacet-macetan untuk menuju dari satu tempat ketempat yang lain.

 

Sesampainya dipasar tradisional, siswa dan siswi yang dari awal sudah dibekali daftar belanjaan  dari orang tua masing-masing, yang harus dibeli  dengan sejumlah uang saku yang sudah diperhitungkan sebelumnya. Sungguh menarik melihat siswa dan siswi yang mungkin baru pertama kali belanja langsung dipasar tanpa didampingi orang tua. Pedagang disana pun cukup ramah-ramah dan sangat membantu, terlihat ketika siswa dan siswi memberikan uang yang lebih dan harus kembali berapa hal itu selalu ditanyakan kepada siswa dan siswi.

 

Contoh …………………..

Siswa                  :  Ibu…..saya mau beli tomat 1 Kg. Daun Bawang Rp.           5000 dan Bombai 1 Kg. ….Jadi berapa ya Bu ?

Pedagang           :  Semuanya yang harus dibayar Rp. 25.000…de !!

(Sambil tersenyum pedagang itu berkata)

Siswa                  :  ( lalu siswa memberikan uang Rp. 50.000 ) …ini bu uangnya “

Pedagang           :  Jadi kembaliannya berapa …de ? ( Tanya pedagang kepada siswa )

Siswa                  : Sambil berhitung dan kosentrasi keras…siswa itu mencoba berhitung , meskipun terhitung lama. Akhirnya siswa itu bisa menjawab “ kembaliannya Rp. 50.000 – Rp. 25.000 = Rp. 25.000 bu

Pedagang                    : … Pinterrrrrrr

 

Begitulah apa yang dipraktekan langsung untuk cara berhitung menggunakan uang. Tidak harus didepan buku duduk manis dengan peratan tulis yang segudang. Dengan praktek langsung metode berbelanja siswa mampu belajar berhitung dan sangat mengena dan bermanfaat langsung dikehidupan sehari-hari.

 

Homeschooling Alam Depok

Kelas 5 dan 6 

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

035064

Pengunjung hari ini : 40
Total pengunjung : 35064

Hits hari ini : 166
Total hits : 130344

Pengunjung Online : 1