Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974, Beji-Depok-16426

[email protected]

Berita

Siswa SMA di Homeschooling Alam Depok

 

Siswa tingkat SMA di Homeschooling Alam Depok dibagi ke dalam dua program kelas yaitu tutorial dan mandiri. Saat ini empat siswa SMA sedang menimba ilmu Homeschooling Alam Depok. Satu siswa di program tutorial dan tiga siswa di program mandiri. Program tutorial menggunakan sistem belajar dengan adanya tatap muka di sekolah, sedangkan program mandiri belajar di rumah dengan menggunakan alat komunikasi sebagai sarana belajarnya.

Metode belajar yang digunakan di Homeschooling Alam Depok sangat beragam, di antaranya presentasi, diskusi, kuis, game unik, praktek langsung, dan sebagainya. Metode seperti ini memiliki banyak manfaat bagi siswa karena siswa dapat menggali ilmu lebih dalam dan melatih karakter positif siswa. Salah satunya praktek langsung belajar matematika tentang operasi hitung. Siswa dan guru terjun langsung di pasar dengan kegiatan membeli sesuatu. Siswa mendapat pengalaman langsung berinteraksi dengan kondisi pasar, seperti menghitung belanjaan, berlatih menawar barang dengan pedagang dan masih banyak lagi. Hal ini dapat melatih kejujuran, kemandirian, dan tanggung jawab siswa.  

Kelebihan dari program tutorial yaitu siswa bisa bertanya langsung kepada guru jika menemukan kesulitan dalam belajarnya. Dengan adanya sistem tatap muka, siswa bisa mencurahkan langsung apa yang diinginkan dan merasakan langsung pengalaman belajar dengan suasana alam yang sejuk. Selain itu, metode pembelajaran yang beragam dapat digunakan sepenuhnya oleh siswa karena siswa berada di sekolah. Kekurangan dari program tutorial yaitu waktu yang mengikat karena siswa harus memanfaatkan waktu yang telah dijadwalkan sekolah.

Kelebihan dari program mandiri, yaitu siswa bisa lebih bersantai dalam belajar karena dilakukan di rumah. Dengan adanya sarana komunikasi siswa bertukar pikiran atau pendapat dalam kegiatan belajarnya. Sedangkan, kekurangan dari program mandiri yaitu siswa tidak bisa mengerahkan sifat kerja samanya dengan siswa lain, merasakan suasana sekolah yang sejuk, berinteraksi langsung dengan siswa dan gurunya dan sebagainya.                               

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

035064

Pengunjung hari ini : 40
Total pengunjung : 35064

Hits hari ini : 181
Total hits : 130359

Pengunjung Online : 1