Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974, Beji-Depok-16426

[email protected]

Berita

Sepenggal Pengalaman Mengesankan, hiking di kaki Gunung Salak Camping Ground Curug Nangka

Selasa, 24 November 2015 lalu, saya dan 11 siswa-siswi kelas 3, 4, 5, dan 6 dari Homeschooling Alam Depok yang didampingi beberapa orang guru, memilih untuk hiking ke kaki Gunung Salak di Bogor. Tepatnya ke Wisata Curug Nangka, Camping Ground. Karena letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Depok.

Kami sepakat berkumpul di Stasiun Kereta Api (KA) Pondok Cina yang berdekatan dengan kampus Universitas Indonesia pukul 05.00 WIB. Banyak sekali yang harus kami siapkan bersama teman-teman, sehingga kamipun  membagi  tugas membawa perlengkapan untuk berkemah. Ada yang membawa tenda, kompor, matras, panci, makanan dan minuman dan tidak lupa membawa perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Satu persatu dari kami berdatangan, kurang dari pukul 06.00 WIB kami semua sudah berkumpul di Stasiun KA Pondok Cina. Kami pun segera memasuki stasiun yang dipandu oleh penjaga loket kereta.

Tidak lama kemudian kereta menuju Bogor sudah tiba. Kami pun segera masuk ke dalam kereta. Hhhmmm….., ternyata kereta menuju Bogor sedikit lengang dibandingkan yang ke Jakarta. Stasiun demi stasiun pun terlewati sampai akhirnya kami tiba di Stasiun Bogor. Ternyata tidak lama lohhh… Kurang dari 30 menit kami sudah sampai di stasiun Bogor. Dari stasiun Bogor kami harus menaiki angkot sebanyak 2 kali. 

Kami pun berjalan sedikit untuk mencari angkot  tersebut. Tak lama kemudian kami pun sudah menaiki angkot untuk menuju kaki Gunung Salak. Biaya carter angkot dari Bogor ke Curug Nangka sebesar Rp. 10.000 per orang. Sedangkan waktu yang dibutuhkan dari stasiun Bogor ke pintu masuk Curug Nangka sekitar setengah hingga satu jam.

Tak lama kemudian kami pun tiba di sisi jalan menuju pintu masuk Curug Nangka. Kami harus berjalan kaki menuju pintu masuk. Hhhmmm…, lumayan juga masuknya tapi kami masih tetap bersemangat. Lelah dan letih terhapus dengan keindahan alam serta sejuknya udara yang kami hirup. Hhhmmm… kami sangat mengagumi keindahan ini yang Allah ciptakan untuk kita nikmati.

Yuuukkkkk berangkat. Kami berjalan saling mengekori satu sama lain. Masuk ke tempat berkemahnya kami dikenakan biaya retribusi @Rp. 7500 + Rp. 7500 per orang. jadinya per orang diharuskan membayar Rp. 15.000. Sedangkan untuk biaya menginap dikenakan @RP.7500 per orang . Cukup murahlah.

Penjaga dan pengawasnyapun cukup ramah dan memperhatikan kita semua. Kami diberi pengarahan dan hal lainnya. Kami harus berjalan lagi sedikit menuju kawasan perkemahan. Dan pada akhirnya kamipun tiba dan beristirahat sejenak untuk melepas lelah. Kami sudah tak sabar untuk merasakan kesejukan alam. Tidak membuang-buang waktu lagi tendapun segera kami dirikan. Dengan penuh semangat yang tinggi akhirnya terpasanglah dua tenda. Kami diintruksikan guru kami untuk mengganti pakaian yang nyaman dan merapikan tas serta semua peralatan yang kami bawa.

Setelah melepas lelah dan makan siang. Kami segera bergegas untuk menyusuri panjangnya sungai yang dihampari batu-batu besar dengan aliran air yang begitu jernih. Hingga apa yang ada didasar sungai begitu tampak jelas terlihat. Ternyata ada beberapa air terjun di sini. Mulai dari Curug Nangka, Curug Daun, dan Curug Kaung. Jalurnya cukup bersahabat kok, menanjak tetapi tidak terlalu curam. Yang unik banyak banget monyet disekitar jalur, nggak ngganggu sih. Kami jalan sampai ke Curug Daun. Kami puas main air dan mandi-mandi di sungai. Hhhmmm terlalu indah untuk diungkapkan. Kami terus berjalan dan kami tidak membuang kesempatan yang ada. Begitu kami menemukan kombangan air yang jernih kami selalu membasahi diri dengan berenang. ,Senang, gembira dan tertawa bercampur jadi satu. Kebersamaan kami semakin erat disana. Alam yang masih begitu alami.

Sepuluh hingga 20 menit kami menyusuri sungai dan pada akhirnya tibalah kami disatu titik penghujung sungai. “Waooowwww, air terjun Curug Nangka,” kami berteriak satu sama lain. “Kami sampaiiiiiiiiiiiiiiiii…, kami sampaiiiiiiiiii,”. Kami pun berphoto dan mandi bersama. Airnya begitu dingin.

Alhamdulillah, cuacanya sangat mendukung dan cerah. Kami pun tidak membuang-buang waktu yang ada. Selesai kami bersenang-senang, kami pun kembali menyusuri sungai menuju tenda. Tiba di tenda kami membersihkan diri dan bergegas untuk sholat dzuhur di musholah yang tidak jauh dari tempat kami berkemah. Sayang cuaca mulai sedikit mendung menjelang sorenya. Kami khawatir hujan akan turun. Kami pun segera merapikan perlengkapan supaya tidak basah ketika hujan. Tidak lama kemudian hujan pun turun lumayan deras. Kami tidak bisa berteduh ditenda dikarenakan hujannya begitu deras. Jadi, kami memutuskan untuk berteduh di saung-saung yang berada tak jauh dari tenda kami. Hujannya lumayan lama dan menghambat aktivitas kami sehingga tidak bisa berbuat banyak. Haripun semakin sore dan kami sepakat untuk pulang semua. Dan kami pun bergegas merapikan barang-barang dan melipat tenda kembali.

Rencananya kami akan bermalam disana namun dikarenakan cuaca yang tak bersahabat, maka kami memutuskan untuk kembali pulang ke Depok. Kami segera menyewa dua angkot untuk mengantar kami ke stasiun Bogor. Dari stasiun Bogor kami langsung menaiki kereta menuju stasiun Pondok Cina UI. Setibanya di Stasiun UI banyak orang tua yang sudah menanti kami. Alhamdulillah kami tiba dan kembali dengan selamat. Banyak hal yang pelajari dari pengalaman ini. Semoga apa yang kami lakukan selalu bermanfaat buat kami. Aamin. (*)

Penulis: Marfudin SPd

(Staf Pengajar Homeschooling Alam Depok)

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

038261

Pengunjung hari ini : 79
Total pengunjung : 38261

Hits hari ini : 461
Total hits : 142706

Pengunjung Online : 1