Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp(021)292-08974, Beji-Depok-16426

[email protected]

Berita

Memecahkan Misteri Harta Karun Matematika

Matematika menyenangkan. Itulah pesan yang ingin disampaikan pada proses pembelajaran Matematika di Homeschooling Alam. Bagaimana caranya agar siswa merasa senang dan nyaman belajar Matematika, tentunya proses pembelajaran harus dikemas dalam bentuk yang menarik. Salah satunya adalah dengan games berburu petunjuk harta karun.

Dalam permainan ini, guru terlebih dahulu membuat soal-soal Matematika dalam secarik kertas berukuran kecil. Kertas-kertas tersebut disebar pada 12 tempat yang berbeda. Selanjutnya, guru membagi sejumlah siswa menjadi dua kelompok yang berbeda. Masing-masing kelompok dibekali sebuah peta sederhana yang berisi lokasi petunjuk harta karun berada.

Kedua kelompok berlomba mencari petunjuk harta karun yang terbanyak untuk dipecahkan. Kelompok yang mendapat petunjuk terbanyak dengan jawaban soal yang benar, maka mereka menjadi pemenangnya. Saat semua petunjuk harta karun telah ditemukan, guru mengajak siswa kembali ke kelas untuk membahas jawaban soal matematika bersama-sama.

Siswa terlihat sangat antusias berkompetisi dalam permainan ini. Sebab, masing-masing siswa juga akan mendapatkan reward berupa bintang sesuai dengan kecakapan yang teramati oleh guru selama permainan. Reward ini dapat ditukarkan dengan hadiah yang telah tersedia di kantor guru.

Permainan berburu harta karun Matematika tidak hanya melatih kognitif siswa, namun juga dapat melatih sikap inisiatif, leadership, ketelitian dan keberanian mengutarakan pendapat dalam kelompok.

(Rani Puspitasari SPd / Guru kelas 2 dan 3 SD)

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat

Statistik Pengunjung

046959

Pengunjung hari ini : 28
Total pengunjung : 46959

Hits hari ini : 111
Total hits : 173268

Pengunjung Online : 2