•  
  • Home Schooling Alam
Selasa, 04 September 2012 - 08:59:49 WIB
ciri-ciri anak berbakat (gifted)
Diposting oleh : Ni Made Desi H.S.Pd.I
Kategori: Pengetahuan - Dibaca: 104 kali

 Ciri-Ciri Anak Berbakat

 

 

 

Dalam bukunya,Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Prof. Utami Munandarmenuliskan indikator keberbakatan sebagai berikut:

* Ciri-ciri Intelektual/Belajar: 
Mudah menangkap pelajaran, ingatan baik, perbendaharaan kata luas, penalaran tajam (berpikir logis-kritis, memahami hubungan sebab-akibat), daya konsentrasi baik (perhatian tak mudah teralihkan), menguasai banyak bahan tentang berbagai topik,
senang dan sering membaca, ungkapan diri lancar dan jelas, pengamat yang cermat, senang mempelajari kamus maupun peta dan ensiklopedi.

Cepat memecahkan soal,cepat menemukan kekeliruan atau kesalahan, cepat menemukan asas dalam suatuuraian, mampu membaca pada usia lebih muda, daya abstraksi tinggi, selalu sibuk menangani berbagai hal.

* Ciri-ciri Kreativitas: 
Dorongan ingin tahunya besar, sering mengajukan pertanyaan yang baik,memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah, bebas dalammenyatakan pendapat, mempunyai rasa keindahan, menonjol dalam salah satu bidangseni, mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya serta tak mudah terpengaruh orang lain, rasa humor tinggi, daya imajinasi kuat, keaslian(orisinalitas) tinggi (tampak dalam ungkapan gagasan, karangan, dan sebagainya.

Dalam pemecahan masalah menggunakan cara-cara orisinal yang jarang diperlihatkan anak-anak lain), dapat bekerja sendiri, senang mencoba hal-hal baru, kemampuan mengembangkan atau memerinci suatu gagasan (kemampuan elaborasi).

* Ciri-ciri Motivasi: 
Tekun menghadapi tugas (dapat bekerja terus-menerus dalam waktu lama, tak berhenti sebelum selesai),ulet menghadapi kesulitan (tak lekas putus asa), tak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi, ingin mendalami bahan/bidang pengetahuan yang diberikan,selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin (tak cepat puas dengan prestasinya),menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah "orang dewasa"(misalnya terhadap pembangunan, korupsi, keadilan, dan sebagainya).

Senang dan rajin belajar serta penuh semangat dan cepat bosan dengan tugas-tugas rutin, dapat mempertahankan pendapat-pendapatnya (jika sudah yakin akan sesuatu, tak mudah melepaskan hal yang diyakini itu), mengejar tujuan-tujuan jangka panjang (dapat menunda pemuasan kebutuhan sesaat yang ingin dicapai kemudian), senang mencari dan memecahkan soal-soal

Homeschooling Alam memfasilitasi pendidikan untuk anak gifted.dengan cara membuatkan programbelajar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka.

karena dengan iq yang cukup tinggi jika harus mengikuti kurikulum standar dari pemerintah mereka akan mudah sekali bosan

metode belajar yang diberikan juga sangat beragam tidak hanya penugasan untuk menjawab soal tapi kegiatan belajar lebih banyak siswa yg mencari jawaban dari setiap pertanyaan yang muncul.

metode belajar antara lain: percobaan,praktek langsung,pengamatan,role play,pemberian tugas,obserfasi,proyek dll


Bookmark and Share


1 Komentar :

fatmawati
29 September 2012 - 09:33:26 WIB

Bermanfaat sekali bun,senang bisa dapat pengertian di website iniz,terimakasih bund. (Terima Kasih Bun atas kunjungannya)

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Email :
Komentar
 
  (Masukkan 6 kode diatas)