•  
  • Home Schooling Alam
Jumat, 26 Juli 2013 - 13:29:31 WIB
RAMADHAN CAMP
Diposting oleh : Ni Made Desi H.S.Pd.I
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 1065 kali

 Ramadhan kali ini Homeschooling alam melaksanakan puncak tema yang sangat menarik untuk siswa/siswinya, bukan hanya menarik namun penuh dengan nilai edukasi, religi, dan kreatifitas yang ditanamkan dalam acara ramadhan camp.

Acara ramadhan camp Homeschooling alam Depok diadakan dikebun sekolah dibuka dengan games interaktif, yaitu : Ratu dan Raja, joget patung. Siswa/I begitu sangat antusias dan gembira, games interaktif yang dimulai pada pukul 16.30 – 18.00 waktu yang begitu panjangpun tidak begitu terasa dilalui sampai berbuka puasa.

Dengan tertib siswa mempersiapkan berbuka puasa, mencuci tangan, menyiapkan peralatan makanan pribadi. Bedug azan magribpun terdengar, dan siswa berbuka puasa pertama kali dengan the anget, kurma, dan makanan kecil lainnya, suasana kekeluargaan diatara siswa dan juga guru begitu terasa.

  Setelah berbuka puasa kamipun bergegas untuk shalat magrib berjamaah, shalat magrib diadakan ditengah kebun sekolah dan diimami oleh bapak guru. Barisan shalatpun terbentuk rapih, siswa saling merapatkan barisan dan merapihkan saff mereka masing masing, begitupun dengan siswa perempuan, walaupun terdapat siswi yang mempunyai keterbatasan fisik namun tidak mengurangi semangatnya untuk beribadah.

Setelah menunaikan shalat magrib kami melanjutkan aktifitas dengan makan malam dibarengi dengan nonton film doctor lorax tentang go green, siswa sangat menikmati makan malam dan film yang diputar pada malam ramadhan camp. Setelah makan malam selesai siswa mencuci piring masing – masing, dan membenahi tempat makan yang telah digunakan.

Adzan isya berkumandang dengan sangat merdu, siswa dan guru mempersiapkan tempat untuk shalat isya berjamaah dan dilanjutkan dengan tarawih berjamaah. Siswa dan guru dengan khusu mengikuti shalat tarawih.

 Uji coba diadakan setelah shalat tarawih, kegiatan ini merupakan percobaan sains yang diadakan pada malam hari dengan bahan – bahan dari korek api dan alumunium foil, nama percobaan malam ini adalah “roket mini”. Dengan antusias siswa mengikuti percobaan membuat roket mini, dan tanpa terasa waktupun menunjukkan pukul 21.00. Setelah kegiatan percobaan  roket mini, kami mengadakan acara api unggun, masing – masing siswa menceritakan pengalaman ramadhan tahun lalu, ada yang bercerita tentang ramadhan yang puasa hanya setengah hari, sakit, adapula yang puasa satu bulan penuh, pukul 22.00 siswa diwajibkan untuk masuk tenda masing – masing dan istirahat dan dibangunkan kembali pukul 03.00.

Waktu shalat tahajudpun tiba, dengan perjuangan gigih para guru membangunkan siswa/I untuk persiapan shalat tahajud berjamaah di musholah lingkungan sekitar sekolah. Waktu makan sahurpun tiba, para siswa dengan tertib mengambil makanan sahur mereka sendiri. Sholat subuh kami lakukan di tengah kebun sekolah, selepas shalat magrib ananda cisco berkesempatan untuk bercerita tentang petualangannya memelihara binatang reptile, para siswa dengan antusias mendengarkan ceritanya. Tak terasa waktu menunjukkan pukul 06.00 kamipun bersiap – siap melakukan kegiatan selanjutnya yaitu JJP (jalan jalan Pagi) disekitar lingkungan sekolah.

Pukul 08.00 siswa mulai merapihkan tenda mereka masing – masing dan bersih – bersih badan untuk persiapan pulang, pada pukul 09.00 acarapun selesai.

semoga acara kali ini memberikan kesan betapa indah dan barokahnya bulan ramadhan


Bookmark and Share


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Email :
Komentar
 
  (Masukkan 6 kode diatas)