Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80 Rt.002/Rw.005 Tanah Baru,Telp 0878-78399777, Beji-Depok-16426

[email protected]

Berita

Memilih sekolah yang tepat

Memilih lembaga pendidikan untuk partner orang tua dalam proses pendidikan anak-anak adalah tidak mudah, apalagi memilih level sekolah dasar karena pondasi dasar pembentukan karakter, minat belajar, sosialisasi, dll.

Ditambah lagi waktu pendidikan untuk menyelesaikan pendidikan disekolah pada umumnya yaitu 6 tahun. itu bukanlah waktu yang sebentar, untuk jangka waktu yang cukup lama tersebut akan menentukan perkembangan anak selanjutnya bahkan pondasi awal pendidikan anak-anak kita.

beberapa sumber informasi yang harus diperhatikan untuk memilih sekolah sebagai berikut :

1. Brosur

Hampir semua sekolah memiliki brosur yang didalamnya terdapat visi-misi, alamat, biaya, keungulan sekolah tersebut. namun bagi orangtua yang cerdas sebaiknya meluangkan waktu untuk mengecek kebenaran dalam kegiatan sebenarnya dilapangan. misalnya saja dibrosur tertera dalam 1 kelas terdapat 25 siswa dengan pendamping 2 guru, karena saya pernah mendapati ada sekolah yang terdapat 2 guru namun yang satu adalah staf TU.

2. Website, facebook, twiter, Blog, dll

sekolah-sekolah yang sudah memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan proses kegiatan belajar mengajar akan lebih mudah mendapatkan informasi terbaru, namun belum tentu menjadi jaminan akan memberikan kesempatan kepada siswanya untuk menggunakan fasilitas tersebut misal saja berapa kali siswa jadwal mengunjungi lab komputer disekolah, adakah program sekolah untuk melakukan program sekolah yang didampingi oleh guru, jadi untuk orang tua lebih teliti.

3. Alumni

jika orang tua memiliki kenalan, kerabat yang pernah mengenyam pendidikian di sekolah yang diminati ananda, jangan segan untuk menanyakan pelayanan pendidikan disekolah tersebut. cobalah untuk bertanya kepada beberapa orang. karena penilaian bagus atau tidaknya  sekolah, nyaman atau tidaknya seorang anak bersekolah sangat relatif untuk seseorang, maka sangatlah subjektif.

4. Guru-guru

cara yang paling mudah untuk melihat kualitas guru adalah ramah atau tidak guru tersebut, karena secerdas paapun seorang guru jika janagan tersenyum, berbicara dengan kasar tidak ramah kepada orang tua murid dan siswa tentu tidak akan nyaman didekatnya yang ada hanyalah rasa takut dan kecemasan akan hukuman yang didapat. dalam keadaan seperti ini akan sulit menumbuhkan minat belajar dalam diri siswa yang ada hanyalah paksaan akan hukuman.

5. Trial  class

dengan anak mencoba langsung ikut kegiatan belajar disekolah yang diminati akan sangat terlihat apakah anak nyaman dan merasa cocok dengan metode belajar yang dialaksanakan diekolah tersebut.ikutlah minimal 2 x kegiatan tryal class

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Polling

Darimana anda mengetahui website ini?
Spanduk
Media televisi
Media cetak
Mencari di Internet
Teman
Keluarga

Lihat