PKBM BERKAH ALAM MANDIRI berdiri pada tahun 2016. Izin penyelenggaraan PKBM BERKAH ALAM MANDIRI pertama kali diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok dengan nomor 421.9/21-PNFI/Disdik/2016 tertanggal 21 Desember 2016. Kemudian izin ini diperbarui dengan nomor 421.10/0005/PKBM/SIMPOK/DPMPTSP/I/2020 tertanggal 16 Januari 2020.

Awalnya, PKBM BERKAH ALAM MANDIRI bertujuan untuk memfasilitasi legalitas kegiatan pembelajaran peserta didik di Homeschooling Alam Depok terutamanya bagi siswa kelas akhir yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Sebagai satuan pendidikan, ternyata PKBM tidak hanya sekedar izin penyelenggaraan pendidikan, namun juga memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Adapun NPSN PKBM BERKAH ALAM MANDIRI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah P9959684. 

Saat ini PKBM BERKAH ALAM MANDIRI telah menyelanggarakan beberapa layanan pendidikan berdasarkan pada izin penyelenggaraan yang diterbitkan oleh pemerintah. Adapun layanan pendidikan tersebut adalah :

  1. Pendidikan Kesetaraan Program Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA)

Pada layanan ini, Pendidikan Kesetaraan menerima pendaftaran peserta didik usia sekolah dan non sekolah. Peserta didik usia sekolah yaitu anak-anak usia minimal 7 tahun hingga 19 tahun. Peserta didik pada usia sekolah ini dapat mendaftar mulai dari kelas rendah pada setiap tingkatan pada Program Paket A, B dan C. Kegiatan belajar peserta didik dilaksanakan secara mandiri tatap hadir ke lembaga.

Siswa Program Paket A (setara SD)

Sedangkan peserta didik usia non sekolah yaitu anak-anak dengan kategori putus sekolah, telah terikat perkawinan dan usia telah 19 tahun ke atas dan lainnya. Peserta didik non usia sekolah ini dapat mengikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) sesuai dengan tingkatannya Paket A, B dan C.

Siswa Program Paket B (setara SMP)

PKBM BERKAH ALAM MANDIRI pada layanan Pendidikan Kesetaraan juga menerima kerja sama kemitraan dalam pelaksanaan UPK. Diantaranya dengan para pelaku homeschooling baik itu tunggal, majemuk maupun komunitas, rumah belajar, lembaga kursus, bimbingan belajar, kegiatan belajar yg dikelola Karang Taruna maupun komunitas dan organisasi sosial kemasyarakatan.

Siswa Program Paket C (setara SMA)

Biaya pendidikan, ketentuan serta persyaratan administrasi Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, B dan C dapat diunduh melalui link berikut ini : https://drive.google.com/file/d/14uOJQQjCpucM_KXd_MMHnQKGxPdPyvZG

  • Homeschooling jenjang SD, SMP dan SMA

Siswa SD Homeschooling Alam

Layanan pendidikan homeschooling di PKBM BERKAH ALAM MANDIRI dibawah naungan Homeschooling Alam Depok. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan tatap muka di lembaga pendidikan sesuai dengan jadwal masing-masing tingkatan.

Siswa SMP Homeschooling Alam

Dalam layanan Homeschooling Alam Depok, kegiatan pembelajaran tidak hanya pada kurikulum akademis, namun kegiatan pembelajaran yang mengasah kemampuan pengembangan lifeskill, projek, minat dan bakat serta keagamaan. Materi kegiatan belajarnya pun disesuaikan dengan kondisi, kemampuan dan kebutuhan peserta didik.

Siswa SMA Homeschooling Alam

Biaya pendidikan Homeschooling Alam dapat diunduh melalui link berikut ini : https://drive.google.com/file/d/1Jf5SYSnBfcgWF5whCqgoTTClyNKIIkAU/view?usp=sharing

  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) jenjang PG dan TK

Layanan PAUD berada dibawah naungan Homeschooling Alam Depok dengan jenjang Playgroup (PG) dan Taman Kanak-kanak (TK) tingkat TK A dan TK B. Kegiatan pembelajaran juga dilaksanakan dengan tatap muka di lembaga pendidikan sesuai dengan jadwal masing-masing tingkatan

  • Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

Layanan Taman Baca Masyarakat terbuka untuk umum dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat.

KEUNGGULAN PKBM BERKAH ALAM MANDIRI :

  1. Telah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dengan nomor P9959684 sebagai satuan pendidikan non formal.
  2. Memiliki legalitas penyelenggaraan dari Pemerintah Kota Depok dgn nomor 421.10/0005/PKBM/SIMPOK/DPMPTSP/I/2020.
  3. Menjadi salah satu lembaga mitra pendidikan Dinas Pendidikan Kota Depok dan tergabung dalam Forum PKBM Kota Depok.
  4. Setiap peserta didik terdaftar di dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) PKBM.
  5. Melaksanakan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) bagi siswa kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA jurusan IPS dan IPA.
  6. Ijazah Pendidikan Kesetaraan memiliki legalitas sehingga dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi baik formal maupun non formal
Silahkan berbagi info ini