Visi

Mendidik anak mandiri, berakhlakul karimah, mampu menggunakan logika ilmiah dalam memahami proses penciptaan alam semesta sehingga memiliki kemampuan kelak sebagai “khalifah fil ardh” (pemimpin di muka bumi).

Misi

  • Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik sesuai dengan kebutuhan, gaya belajar, kekuatan dan keterbatasan yang dimilkinya.
  • Membantu peserta didik menemukan minat dan bakatnya masing-masing untuk kemudiand dapat dikembangkan secara optimal.
  • Membentuk peserta didik menjadi manusia pembelajar seumur hidup.
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh hubungan dari pelajaran yang dipelajarinya dengan kehidupan nyata.
  • Mengatasi keterbatasan, kelemahan peserta didik dengan melakukan pendekatan secara personal.
  • Membekali siswa dengan nilai-nilai akhlakul karimah melalui suri tauladan dari berbagai guru dan nilai-nilai kehidupan/alam yang luhur.
  • Mencantumkan nilai dan makna kehidupan yang lebih dalam pada setiap proses belajar mengajar melalui berbagai kegiatan.
  • Membekali siswa dengan pemahaman yang utuh (komprehensif) dalam kegiatan belajar mengajar.
  • Mencanangkan pentingnya nilai konservasi alam untuk menjaga kesehatan dan keindahan sekolah.
  • Memberikan keterampilan hidup sederhana dan kecakapan hidup, disertai kedisiplinan dan kemandirian agar siswa dapat bersosialisasi dengan masyarakat dengan baik.

Tujuan

Homeschooling Alam Depok bertujuan untuk melatih kemampuan dasar anak-anak agar dapat berkembang dengan optimal, yakni kemampuan membangun rasa ingin tahu, melakukan observasi, membuat hipotesa, serta kemampuan berpikir ilmiah. Melalui metode spider web, siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif, tetapi juga mampu melihat, menyentuh, merasakan, dan mengikuti keseluruhan proses dari setiap pembelajaran.

Target

  1. Pendidikan berbasis alam untuk pembentukan logika berfikir
  2. Pembentukan akhlakul karimah dengan tauladan
  3. Pendidikan kepemimpinan dengan presentasi
  4. Pengembangan kreativitas diri

Materi Belajar

  1. Program belajar klasikal.
    Siswa melakukan kegiatan belajar bersama-sama dalam sebuah kelompok kecil sesuai dengan level pendidikannya pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, pada pukul 07.30 – 12.15 WIB (Shalat dzuhur bersama di sekolah).
  2. Program tutorial
    Umumnya diikuti oleh siswa yang memerlukan penanganan khusus, misalnya akan mengikuti program percepatan/akselerasi, gifted children, IQ diatas rata-rata, ADHD, autis,ABK ringan dll.

Jenjang Pendidikan

  • Toddler                              : Usia 2 tahun
  • PG (Play Group)               : Usia 3 – 4 tahun
  • TK (Taman Kanak-kanak) : Usia 4 – 6 tahun

Kegiatan PG dan TK di Homeschooling Alam

Setiap anak adalah unik, dan setiap jiwa sesungguhnya memiliki bakat dan minat yang berbeda. Oleh karenanya, sekolah kami mengadopsi konsep homeschooling, yakni belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Waktu belajar yang direkomendasikan untuk setiap siswa PG dan TK cukup seminggu tiga kali, yaitu:

  • Senin pagi, belajar keterampilan hidup /art
  • Rabu pagi, berolahraga (outbond, berkebun, berternak, sepak bola, bersepeda dll)
  • Jumat pagi, belajar ketrampilan hidup/art

Meskipun demikian, kemampuan akademis anak tetaplah menjadi perhatian kami. Proses pembelajaran dikemas dengan metode yang menarik agar anak-anak merasa nyaman dan bisa menikmati proses belajar. Sehingga ke depannya, diharapkan setiap anak dapat tumbuh menjadi seorang pembelajar sejati yang benar-benar ahli dibidang yang mereka minati (dapat menemukan passion).


Garis besar urutan pelaksanaan kegiatan PG dan TK Homeschooling Alam adalah sebagai berikut:

Senin 07:30 – 08:00 08:00 – 12:15  Tahsin, Hafalan Doa dan Hadist  Belajar Keterampilan Hidup / ART / Percobaan siance  Kemampuan akademis dengan metode yang menarik + Sholat Djuhur berjamaah
Rabu07:30 – 08:00 08:00 – 12:15   Tahsin, Hafalan Doa dan Hadist  Olah Raga Belajar bertanam, berkebun, berternak, sepak bola, bersepeda dll Kemampuan akademis dengan metode yang menarik + Sholat Djuhur berjamaah
Jumat07:30 – 08:00 08:00 – 12:15   Tahsin, Hafalan Doa dan Hadist  Sholat Dhuha Berjamaah + Belajar nilai-nilai keislaman Kemampuan akademis dengan metode yang menarik

Kurikulum 

Kurikulum di Homeschooling Alam secara umum mengintegrasikan :

  • Kemandirian
  • Life skill
  • Multiple intelegensia
  • Departemen pendidikan nasional
  • Nilai-nilai keislaman
  • Psikologi perkembangan

Metode Pembelajaran

Metode yang sering kali digunakan dalam proses pembelajaran di Homeschooling Alam Depok adalah:

  • Praktek langsung
  • Percobaan sains
  • Kunjungan edukatif (field trip)
  • Bermain peran (role play)
  • Menonton video/film (watching).

Evaluasi Belajar 

  1. Evaluasi Belajar Harian, Evaluasi harian yang diterapkan di Homeschooling Alam adalah dengan pemberian simbol bintang pada buku penghubung, bintang akan ditulis pada jadwal pelajaran yang sudah di tempel di buku penghubung, siswa akan diberi bintang tiga (***) apabila siswa itu aktif, mengerjakan tugas dan bersikap dengan sangat baik selama kegiatan belajar, siswa akan diberi bintang dua (**) apabila siswa mengerjakan tugas dan bersikap dengan baik, siswa akan mendapatkan bintang satu (*) apabila mengerjakan tugas dan bersikap cukup baik. Evaluasi pembelajaran harian di Homeschooling Alam dapat diketahui oleh orang tua melalui Facebook, grup Whatsapp orang tua, dan website.
  2. Evaluasi Belajar Pekanan, Evaluasi belajar pekanan di Homeschooling Alam yaitu evaluasi yang dilakukan guru dan kepala sekolah dalam mengevaluasi pembelajaran selama satu pekan sebelumnya. Apabila ada materi/ kemampuan yang belum terlaksana atau perlu di ulang maka materi tersebut akan diulang kembali pada pekan depan, karena jadwal akan diberikan kepada siswa setiap satu pekan sekali. sehinnga orang tua mengetahui pelajaran yang akan dipelajari pekan selanjutnya dan mempersiapkannya.
  3. Evaluasi Belajar Semesteran, Evaluasi belajar semesteran yang diterapkan di Homeschooling Alam yaitu pelaksanaan Ulangan Akhir Semester (UAS) yang dilaksanakan 2 kali dalam setahun, UAS ini dilaksanakan selama 2 pekan, selain ujian tertulis siswa juga melaksanakan ujian praktek. Bobot nilai lebih banyak ujian praktek daripada materi, setelah UAS setiap siswa akan diberikan rapot yaitu laporan hasil belajar selama satu semester, nilai rapot diambil dari nilai harian , nilai ulangan semester tertulis dan praktek juga nilai sikap Siswa sehari-hari.

CARA BERGABUNG :

  1. Mengisi formulir pendaftaran dan menyelesaikan biaya observasi siswa.
  2. Mengembalikan formulir yang telah diisi / mengirimkan kembali formulir yang telah diisi.
  3. Observasi kemampuan siswa (sosialisasi,komunikasi,akademis,keislaman dll) selama 3 hari sesuai dengan              jadwal yang telah ditentukan.
  4. Menggambil hasil observasi.
  5. Diskusi orang tua, siswa dan guru untuk menyusun kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak.
  6. Penyelesaian biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan.
  7. Siswa mendapatkan media belajar (buku pengubung,buku-buku penunjang,alat-alat tulis dll).
  8. Siswa mulai belajar sesuai jadwal yang sudah disepakati.

BIAYA

Silahkan berbagi info ini